//
you're reading...
Techno Goject

AMIKOM GOES TO HI-TECH CAMPUS

 

amikom1.jpg

[Gambar Gedung Utama AMIKOM]

“Tempat kuliah orang berdasi” dan “Unggul dalam trend dan teknologi” merupakan slogan AMIKOM yang selama ini tidak pernah lekang dari ingatan mahasiwanya tentunya. Lalu apakah semboyan tersebut memang patut untuk disandang oleh AMIKOM tercinta ini?, mari kita coba kupas satu per satu.
Sebelum memasuki kampus, di gerbang utama terdapat pos penjagaan yang tentunya tidak jauh beda dengan kampus lainnya, lalu apa yang berbeda dengan kampus lainya?, tepat bersinggungan dengan pos penjagaan terdapat bangunan kecil yang di atapnya terdapat antena parabola (sebut saja VSAT), dari sini tentunya menimbulkan kecurigaan, “apa pak satpam masang TV kabel” atau “pak satpam berlangganan internet”. Semua dugaan tersebut ternyata salah, antena parabola tersebut adalah antena mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Hal itu membuktikan bahwa sebelum memasuki kampus, kita sudah ditawarkan keamanan dan juga kemudahan untuk transaksi finansial.
Masih di dekat pos penjagaan sambil memandangi kemegahan kampus ungu, di bagian atas gedung utama, kita langsung disuguhi antena-antena wireless yang menunjukkan bahwa teknologi internet di AMIKOM itu ada. Bukan hanya sebagai internet user, namun AMIKOM juga menggeluti bisnis sebagai ISP (Internet Service Provider) dengan label perusahaan Time Excelindo.
Berlanjut memasuki gedung utama, kita langsung disambut dengan dua buah mesin. Mesin ini nampak seperti mesin game dingdong, mesin ATM, bahkan kalau diperhatikan mirip juga dengan mesin judi. Namun tentunya mesin ini bukanlah salah satu dari mesin tersebut. Mesin ini adalah PC dengan layar LCD 15” yang dimodel sedemikian rupa untuk digunakan sebagai mesin internet. Hal ini mempertegas bahwa kampus ini sangat mendukung adanya internet yang mampu untuk memberikan akses informasi tanpa batas kepada mahasiswanya.
Penjelajahan berlanjut ke gedung unit II, selain ruang istirahat yang nyaman, lagi-lagi ditempat ini juga terdapat mesin internet seperti yang ada pada gedung utama. Di gedung unit II ini perhatian langsung menuju ke ruang perpustakaan. Di samping perpustakaan ada Pak Satpam yang senantiasa siaga menjaga keamanan dan ketertiban kampus. Pak Satpam ini pun masih dibantu dengan sebuah kemera CCTV (Closed-circuit television) yang berada tepat diatas pintu masuk perpustakaan. Sesaat pandangan mata tertuju pada AP (Access Point) yang berada disamping kamera CCTV, AP ini memiliki merk ACKSYS bertipe WL-LINK yang merupakan brand AP dengan kualitas tinggi. Dengan didukung hardware dan sistem yang berkualitas, hal ini menunjukkan bahwa AMIKOM tidak memberikan fasilitas yang asal-asalan, namun juga berkualitas demi menunjang kenyamanan mahasiswa dalam memanfatkan fasilitas.

38401.jpg

[Magnetic Card Reader untuk presensi mahasiswa]

Perjalanan dilanjutkan langsung ke ruang kelas, begitu membuka pintu masuk, mata langsung tertuju pada bagian belakang ruang. Di bagian ini terdapat sebuah kamera CCTV yang diapit oleh dua buah AC (Air Conditioner). Kemudian kursi-kursi nampak tertata rapi yang kemudian jika dilanjutkan dengan memasuki ruang, maka akan langsung terlihat di meja dosen terdapat sebuah PC (Personal Computer). PC ini biasa digunakan untuk presensi maupun presentasi. Untuk presensi, mahasiswa cukup menggesekkan kartu mahasiswanya ke magnetic card reader yang telah disediakan. Sedangkan untuk presentasi, LCD Projector serta Screen pun tersedia pada masing-masing kelas.

“Sebagian fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh AMIKOM ini menunjukkan bahwa AMIKOM layak untuk menuju hi-tech campus. Fasilitas yang berlimpah tersebut dapat mempermudah mahasiswa dalam proses belajar”.

About preside

Preside man

Discussion

3 thoughts on “AMIKOM GOES TO HI-TECH CAMPUS

  1. hi-tech sih, tapi ndak sebanding dengan jumlah mahasiswa dan luasnya lahan…
    coba deh kalo lahan diperluas, fasilitas diperbanyak… keren tuh…

    Posted by Heri Setiawan | 12 October 2007, 7:24 am
  2. hi tech ? jadi inget pak habibie😀

    Posted by adi | 16 October 2007, 11:41 am
  3. @Adi: Habibi yang mana nech…. wakakakakakkakkak

    @Heri Setiawan : yach masalah lahan tau sendiri mas… mau dilebarin kemana? ke timur ada perumahan, ke utara ada perumahan juga, ke barat juga nggak mungkin, apalagi ke selatan….
    kalau menurut saya nech…. biar makin hi-tech, kuliahnya online aja, so bagi mahasiswa yang mobile tetep nggak ketinggalan materi kuliahnya….
    dengan begitu, kampus kan nggak penuh-penuh amat….
    gimana?!

    Posted by preside | 23 October 2007, 7:43 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: